Like us on Facebook

Wednesday 26 August 2015

Haul Rogomoyo, Wujud Rasa Hormat Kepada Pendahulu


KUDUSNEWS.COM, Kudus – Filosofi pelaksanaan haul salah satunya adalah wujud rasa hormat kita para pendahulu kita. Sehingga berbagai kebaikan yang merupakan peninggalan di masanya, dapat terus kita upayakan kelestariannya. Hal tersebut disampaikan oleh bupati Kudus, H. Musthofa, sesaat sebelum melepas kirab budaya dalam rangka Haul mbah Rogomoyo di desa Kaliwungu (5/11).
Dirinya mengaku bangga karena dari tahun ke tahun selalu ada kemajuan dalam pelaksanaan acaranya. “Ini tentu berkat dukungan semua pihak. Saya bangga karena masyarakat desa mampu berswadaya menggerakkan semua potensinya untuk membuat acara yang demikian baik. Hal ini tentu bisa dijadikan contoh bagi pengembangan acara yang sejenis di daerah lain”, ujarnya.
Dijelaskan oleh Nuryadi yang merupakan salah satu panitia, bahwa acara ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh warga setempat. Tujuannya adalah, selain untuk melestarikan nilai tradisi budaya, even ini juga diharapkan dapat mengangkat potensi seni budaya warga desa.
Kirab ini diikuti oleh masyarakat desa Kaliwungu dengan peserta berjumlah 1.197 orang yang berasal dari 15 RT dan 5 RW. Dikatakannya bahwa kirab ini merupakan sebagai bagian dari upaya pelestarian dan revitalisasi budaya daerah agar dapat berkembang seiring dengan semangat untuk mengembangkan potensi industri kreatif. “Kaliwungu di kenal dengan tradisi tukang kayu, ukir dan rumah adat Kudus yang berkualitas baik. Kita ingin agar hal ini dapat diketahui masyarakat dan sekaligus promosi tradisi budaya warga desa setempat”, jelasnya.

0 comments:

Post a Comment